Pilwalkot Salatiga Digelar 8 Mei 2011

PMII CABANG KOTA SALATIGA | 4:53 PM | 0 komentar

Pilwalkot Salatiga Digelar 8 Mei 2011

Salatiga, CyberNews. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga menjadwalkan pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Salatiga tahun 2011 akan digelar pada hari Minggu 8 Mei 2011 mendatang.

Saat ini KPU telah mengajukan anggaran dana Rp 750 juta untuk tahapan Pilwalkot. Anggaran itu telah diusulkan dalam APBD Perubahan 2010, yang saat iini tengah dibahas oleh Pemkot dan DPRD Salatiga.

Ketua KPU Kota Salatiga Suryanto SPd saat ditemui para wartawan, Senin (6/9) mengatakan, anggaran yang diusulkan itu untuk membiayai sejumlah kegiatan awal menjelang pilwalkot. Diantaranya untuk biaya membentuk badan penyelenggara pemilu seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di empat kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 22 kelurahan.

Diharapkan, anggota PPK dan PPS sudah bisa dilantik dan bekerja pada akhir Desember mendatang. "Dana itu juga akan dipakai untuk sosialisasi tahapan pilwalkot, pembuatan maskot dan pemasangan baliho KPU. Tapi dana yang kami ajukan tersebut, tidak termasuk untuk pembentukan Panitia Pengawas (Panwas) Pilwalkot," ujar Suryanto.

KPU saat ini juga telah menyusun tahapan pilwalkot yang draft jadwalnya akan ditetapkan akhir bulan ini. Anggota KPU SR Hidayah SE menambahkan, KPU juga telah menyusun jadwal pelaksanaan Pilwakot 2011 dan kalau tidak ada perubahan, maka pemungutan suara akan dilaksanakan pada hari Minggu 8 Mei 2011 mendatang.

Terkait dengan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilwalkot 2011, KPU memperkirakan akan menghabiskan biaya antara Rp 5 - Rp 6 miliar dan berlangsung dalam dua putaran.

Menghadapi Pilwalkot 2011, beberapa partai politik di Salatiga telah melakukan pendaftaran calon wali kota dan wawali. Diantaranya adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Demokrat. Hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah memastikan nama bakal calon wali kota mereka, yakni Muhammad Haris SS MSI, yang saat ini Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng. Namun saat ini PKS masih mencari bakal calon wawali mereka.

Sementara partai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 di Kota Salatiga, PDIP baru akan menggelar pendaftaran calon wali kota dan wawali seusai Lebaran mendatang. Begitu pula halnya dengan partai-partai lain, baik yang meraih kursi di DPRD mau pun yang tidak meraih kursi.

( Basuni Hariwoto /CN13 )
sumber :suara merdeka

Category : , ,

About PMII Salatiga :
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Situs Resmi PMII Cabang Kota Salatiga, Berjuang Untuk Rakyat.

0 komentar