Arus Balik Novel Karangan Pramoedya Ananta Tour

PMII CABANG KOTA SALATIGA | 5:44 PM | 0 komentar

Resensi oleh:bogisubasti

Sebagian besar dari kita , mungkin tidak bisa menulis esai tanpa memakai referensi misalnya buku. Tapi tidak bagi Pram. Pramoedya Ananta Toer, dikenal sebagai Pram, tidak menggunakan catatan historis untuk menulis novel ini, sebenarnya itu memberitahu kita tentang sejarah Nusantara Beliau dituduh menjadi seorang pengelola Partai Komunis yang diduga melakukan pemberontakan 1965, dia diasingkan di Pulau Buru tanpa akses informasi. Selain itu, sebelum ia dimasukkan ke dalam penjara, semua buku yang ia telah kumpulkan selama bertahun-tahun, dibakar oleh militer pemerintah Orde Baru. Oleh karena itu, dia tidak bisa menggunakan referensi dalam novel ini. Tapi meskipun hanya mengandalkan daya ingatnya, data historis tentang apa yang dia tulis, sangat meyakinkan.



Dari judulnya, Arus Balik, bisa kita bayangkan bagaimana perubahan radikal terjadi. Memang, novel ini (historis) memberikan kita tentang perubahan karakter orang Nusantara. Sampai abad ke-15, orang-orang (terutama kerajaan Majapahit dan Sriwijaya), yang mampu menaklukkan banyak negara lain yang terletak di bagian utara Nusantara. Tapi setelah abad ke-15 (terutama setelah kedatangan armada Belanda ') mereka menjadi defensif, dalam arti bahwa saat ini bangsa Indonesia dikalahkan oleh negara-negara barat yang datang dari utara Nusantara. Arus balik merupakan tema besar yakni misalnya bahwa bangsa ini belum mampu secara optimal memproduksi barang, berbeda dengan dulu, Nusantara mampu menjual rempah-rempah ke luar negeri, tapi keadaan sekarang berbalik. Kita saat ini menjadi seorang yang konsumeristik. Arus ini sekarang berbalik , kita yang menjadi pangsa pasar, ataupun dengan kata lain, kita yang dikuasai. Semasa Gajah Mada, Arus bergerak dari Selatan ke Utara.

Arus Balik Novel Karangan Pramoedya Ananta Tour Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/books/novel-novella/2101451-arus-balik-novel-karangan-pramoedya/

Category : ,

About PMII Salatiga :
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Situs Resmi PMII Cabang Kota Salatiga, Berjuang Untuk Rakyat.

0 komentar