November rain and ash rain in Salatiga

PMII CABANG KOTA SALATIGA | 1:52 AM | 0 komentar



Salatiga Diguyur Hujan Abu Merapi
Salatiga, CyberNews. Seluruh Kota Salatiga dan sebagian wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sejak Sabtu (6/11) pagi, mulai diguyur abu vulkanik Gunung Merapi.

Abu vulkanik itu nampak menempel di jalan-jalan dan kendaraan warga yang diparkir maupun yang melintas di daerah tersebut. genteng di rumah-rumah warga dan daun-daunan yang ada di Salatiga juga memutih terkena abu vulakanik, yang turun merata di seluruh Salatiga.

Hujan yang yang turun, juga membuat jalan-jalan di Kota Salatiga menjadi licin. Sementara, wilayah Kabupaten Semarang yang sudah mulai terkena Abu Vulkanik Gunung Merapi adalah Kecamatan Getasan, Kaliwungu, Tuntang, Banyubiru, Ambarawa, dan Bawen.

Sebagian warga sudah mulai mengenakan masker untuk menghindari abu vulkanik tersebut, Dinas Kesehatan Kota Salatiga juga membagi 1.500 masker, namun belum mencukupi. Sebagian warga membeli masker yang dijual eceran oleh pedagang, apotek dan toko besi.

Warga Tingkir Kota Salatiga, Sumaryono mengatakan, terjadinya hujan abu tersebut membuat aktivitas kesehariannya terganggu, karena tidak bisa bernafas dengan bebas. Ia khawatir jika abu terhirup bisa mengganggu kesehatan. "Oleh karena itu, saya langsung membeli masker begitu hujan debu mulai terasa di Salatiga," katanya.

Sementara itu, kawasan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, yang terletak di lereng Gunung Merbabu juga terkena kiriman abu vulkanik dari Gunung Merapi dengan ketebalan mencapai 0,5 Cm. Warga Getasan Kabupaten Semarang, Suradi (46) mengatakan, abu vulkanik itu turun di daerah tersebut sejak Sabtu dini hari.

( Ant /CN26 )

Category :

About PMII Salatiga :
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Situs Resmi PMII Cabang Kota Salatiga, Berjuang Untuk Rakyat.

0 komentar